Type something and hit enter

author photo
Oleh On
Jadilah Diri Sendiri dan Tunjukkan Kehebatanmu!

Apakah kita berani menjadi diri sendiri (yang asli), merangkul ketidaksempurnaan, dan menjadi rentan secara terbuka? Jika demikian, kita adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung. Kita bisa menjalani kehidupan dengan sepenuh hati, memposisikan diri sepenuhnya terlibat dalam kehidupan dan hubungan yang dimiliki. Jika tidak demikian (kondisi sebaliknya), maka kita cenderung menyukai mayoritas orang yang lebih suka menjalani kehidupan yang terbatas, daripada berisiko mengalami rasa sakit, menempatkan diri di luar sana hanya untuk membuat semuanya berantakan dan membuat kita terluka dan takut.
Daring Greatly Brene Brown - Kholil Media
Daring Greatly Brene Brown - Kholil Media
"Daring Greatly" merupakan buku untuk belajar bagaimana mengatasi rasa malu, merangkul kerentanan, dan menjalani kehidupan yang sepenuh hati. Buku ini ditulis oleh Brene Brown, seorang profesor riset di University of Houston Graduate College of Social Work. Dia telah menerima banyak penghargaan nasional dalam bidang pengembangan diri, serta menjadi salah satu pembicara penting dalam TED Talks dan videonya menjadi salah satu yang paling banyak ditonton dalam TED.com. Buku ini terbit dengan jumlah halaman sebanyak 243 halaman dan sekitar 194 halamannya merupakan bagian isi buku. Diterbitkan oleh Gotham Books yang merupakan penerbit asal New York, Amerika Serikat, serta dipublikasikan oleh Penguin Gorup.

Buku ini membawa pembaca untuk bisa memahami diri sendiri dengan mengetahui kerentanan yang ada lalu bisa memperbaikinya. Sehingga kerentanan yang dimiliki tidak perlu ditutupi, yang pada akhirnya menjadikan timbulnya rasa minder dan tidak percaya diri. Namun, kerentanan menjadi alasan kuat untuk bisa menjadi "Sangat Hebat". Sebagian besar masyarakat pada umumnya menderita epidemi kelangkaan. Tidak peduli apa yang kita raih, kita merasa itu tidak cukup dan, yang lebih penting, bahwa kita tidak cukup baik. Ini tidak hanya berlaku untuk harta benda; sebagian besar hal yang kita rasa tidak pernah cukup adalah hal yang sama yang mendorong kita untuk mempertanyakan harga diri kita. Berikut ini beberapa contohnya:
1. Kecerdasan
2. Karisma
3. Persetujuan
4. Kualitas yang menarik
5. Dan banyak hal lain yang sangat pribadi.

Masalah dengan kelangkaan adalah bahwa hal itu berasal dari kebiasaan kita untuk terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain dan yang menyebabkan kita melepaskan diri dari kenyataan. Secara salah kaprah percaya bahwa kita tidak akan pernah sebagus orang-orang yang kita kelilingi.

Kerentanan adalah Natural dan Benar Adanya
Brown mendefinisikan kerentanan sebagai “ketidakpastian, risiko, dan paparan emosional.” Hal yang ironis adalah bahwa sementara kebanyakan orang melihat kerentanan pada orang lain - dan orang itu bisa merangkul kerentanannya, mereka kagum dan dibuat takjub olehnya, tetapi mereka terlalu takut untuk menunjukkan kerentanannya sendiri.

Secara sederhana bisa dipahami dengan penjelasan berikut:
Ketika seseorang naik panggung, menulis buku, atau membuat pernyataan publik lainnya yang menjelaskan perjuangan mereka dan cara mereka gagal, mereka bertepuk tangan dan terlihat berani. Namun, kebanyakan orang juga ngeri membayangkan mengungkapkan ketidaksempurnaan mereka sendiri kepada orang-orang karena takut dihakimi. Alih-alih menjadi lemah, kerentanan adalah kekuatan karena dibutuhkan keberanian untuk mengekspos diri Anda yang tidak berfilter (yang asli) kepada orang-orang dan tidak berpikir secara berbeda tentang diri Anda berdasarkan reaksi mereka.

Cara Menaklukkan Malu
Kita semua pernah mendengar tentang rasa malu dan mengalaminya tetapi apakah itu wajar? Menurut Brown, “rasa malu adalah rasa takut akan terputusnya hubungan.” Perasaan bahwa kita tidak layak dicintai atau diterima. Sebab manusia terhubung untuk membentuk hubungan, rasa malu adalah salah satu perasaan terburuk yang dapat kita alami sehingga kita menghindari kerentanan.

Kunci untuk menaklukkan rasa malu adalah menggantinya dengan rasa bersalah. Ketika merasa malu, Anda memberi tahu diri sendiri bahwa untuk alasan apa pun Anda tidak cukup baik. Rasanya permanen dan pribadi. Rasa bersalah di sisi lain tidak bersifat pribadi. Alih-alih percaya bahwa itu adalah sesuatu yang salah karena Anda telah melakukan kesalahan, Anda mengakui kesalahan itu salah, tetapi hal itu bersifat sementara dan tidak menurunkan harga diri Anda.

Berani Menghancurkan Dinding Anda
Lebih mudah untuk skeptis akan kesenangan dan mengantisipasi yang terburuk, daripada secara terbuka merangkul emosi - yang baik dan yang buruk. Karena rasa takut ini, Brown mengatakan bahwa banyak orang gagal mengalami kehidupan penuh.

Banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk menghindari perasaan rentan, diantaranya mencoba untuk melumpuhkan emosi mereka dengan hal-hal seperti:
1. Bekerja terlalu keras sehingga mereka tidak punya energi untuk menghadapi perasaan mereka.
2. Menggunakan minuman dan obat-obatan untuk melupakan.
3. Menyulap jadwal yang sangat sibuk sehingga mereka tidak punya waktu untuk memproses emosi mereka.
4. Berfokus pada kesempurnaan untuk menghindari berurusan dengan kekacauan realitas.

Terlepas dari bagaimana cara memilih untuk mematikan emosi, hal itu mencegah Anda membentuk koneksi dan ingatan yang benar-benar otentik.

Baca juga: Tentang Diam

Apakah Anda Korban atau Pelaku?
Ketika berbicara tentang kerentanan, kebanyakan orang cenderung pergi ke titik ekstrem yang Brown sebut sebagai "korban dan pelaku (penjahat)" dalam bukunya.

Para korban percaya bahwa mereka tertindas oleh keadaan mereka, sering mengeluh tentang masalah mereka, dan tidak mengakui peran yang mereka mainkan sebagai hasil dalam kehidupan mereka. Mereka menghindari kerentanan dengan menolak menerima tanggung jawab atas tindakan mereka dan mengalami ketidaknyamanan dalam mengubah hidup mereka.

Pelaku adalah sebaliknya. Mereka memandang hampir semua hal dalam hidup sebagai pertempuran yang harus diperangi dan dimenangkan. Tidak ada ruang untuk kerentanan dalam hidup mereka karena mereka melihat emosi sebagai kelemahan dan mendasarkan harga diri mereka pada pencapaian mereka.

Masalah dengan kedua mentalitas ini adalah bahwa mereka mencegah orang dari cukup sadar diri untuk merangkul emosi mereka. Jika yakin bahwa Anda adalah korban atau pelaku atau kenal seseorang yang terlibat, mulailah terlibat dalam percakapan di mana Anda dipaksa untuk mengakui perasaan sehingga bisa menjadi orang yang lebih rentan, sepenuh hati.

Bagaimana Merangkul Kegagalan
Ketakutan diejek karena kegagalan adalah penghambat kreativitas nomor satu. Apakah Anda seorang pebisnis yang membutuhkan tim untuk menghasilkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan produk dan meningkatkan penjualan; seorang guru yang ingin mendorong siswa Anda untuk menjadi imajinatif; atau berada dalam peran lain di mana Anda ingin mendorong diskusi kreatif, Anda harus menghilangkan konsekuensi sosial dari kesalahan.

Kunci untuk menciptakan lingkungan agar orang tidak takut gagal adalah tidak menghindari memanggil orang untuk kesalahan yang mereka lakukan, tetapi untuk mengatasi masalah dengan pemahaman bahwa kesalahan terjadi dan yang penting adalah bagaimana memperbaiki mereka dan mencegah mereka terjadi lagi. Jujur dalam memberi tahukan kesalahan, namun juga memberikan arahan sebagai solusi dalam memperbaikinya.

Sebenarnya melakukan hal ini termasuk sederhana. Setiap kali masalah muncul, jangan mudah menyalahkan. Libatkan mereka yang terlibat (yang berbuat kesalahan) dalam obrolan tentang apa yang salah dan fokuslah untuk menemukan solusi. Ketika kita bisa menghadapi konflik dengan cara seperti ini, demikian artinya kita bisa mencegah orang menjadi defensif dan mendorong pertumbuhan untuk bergerak maju. Juga dengan sebaliknya, apabila kita melakukan kesalahan, maka tidak perlu merasa takut untuk mengakuinya dan melibatkan orang untuk memberikan masukan (solusi) untuk memperbaikinya.

4 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun

  1. Selalu menarik untukk di baca. tetap menyebar semangat positf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... semoga tetap diberikan istiqomah dan kemudahan untuk berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. Terima kasih atas dukungan yang diberikan. 🙏

      Delete
  2. Artikelnya menarik dan enak untuk dibaca, tetap semangat postingnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... semoga diberikan kemudahan dalam memanfaatkan waktu luang yang ada. Terima kasih atas dukunganya. 🙏

      Delete